Terima Kasih Atas Kunjungannya

Kamis, 16 April 2015

Lubang Neraka

Urumqi - Belum lama warga Tiongkok di Urumqi dibuat gempar dengan ditemukannya sebuah lubang dengan uap panas dari dalamnya. Sontak warga setempat menyebut lubang itu sebagai 'gerbang neraka'. Seperti apa penampakannya?

Media lokal seperti China Central TV Station, People's Daily Online, hingga media Inggris Daily Mail telah memberitakan penemuan heboh seperti dilihat detikTravel, Kamis (16/4/2015). People's Daily Online menuliskan, pertama kali lubang tersebut ditemukan oleh masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan Urumqi, Xinjiang, beberapa minggu lalu.

Di dalam lubang tersebut juga mengalir uap panas yang diperkirakan memiliki temperatur hingga 792 derajat Celcius dari jarak dua meter! Sebelumnya, masyarakat setempat yang tinggal di sana mengaku kalau tanah di daerahnya terasa lebih panas. Pihak peneliti pun belum dapat memastikan seberapa dalam lubang tersebut, mengingat panasnya lubang tersebut.

Disebutkan oleh seorang insinyur dari Kantor Geologi Xinjiang Meitian yang bernama Huang Wei kepada media China Central TV Station, fenomena tersebut sudah ada di area tersebut sejak beberapa dekade lalu. Anehnya, perbukitan di mana lubang tersebut ditemukan bukan merupakan area gunung api.

Pihak peneliti mengatakan kalau lubang tersebut terjadi karena terbakarnya lapisan batubara yang terdapat di bawah tanah, menyebabkan permukaan tanah runtuh. Usut punya usut, ternyata daerah perbukitan tersebut memiliki banyak tambang batubara pada tahun 1970.

Saking panas lubangnya, ranting pohon saja bisa terbakar apabila didekatkan ke lubangnya. Apalagi manusia?

"Pihak operator tidak menutup tambang secara benar setelah usaha pertambangan dihentikan, hal tersebut menimbulkan api di bawah tanah terbakar hingga permukaan tanah," ujar Supervisor Xinjiang Meitian Fire Engineering Bureau, Chen Long.

Tidak ada komentar: