Terima Kasih Atas Kunjungannya

Senin, 04 November 2013

Akhlaq, Manusia, dan Alam


BAB 1
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
         Akhlak adalah lafaz yang berasal dari bahasa arab merupakan bentuk jamak dari  kata khuluq yang berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku, atau tabiat. Berasal dari akar kata khalaq yang berarti menciptakan, yang seakar dengan kata khaliq yang berarti pencipta, makhluq artinya yang diciptakan dan khalq artinya ciptaan.
        Manusia di ciptakan di dunia ini untuk menjaga lingkungan dengan baik,untuk itu manusia senantiasa berakhlag tarhadap lingkungan.kerusakan-kerusakan yang ada di muka bumi ini adalah tenggung jawab para penghuni terutama manusia.Begitu banyak bencana yang menimpa lingkungan kita, tidak lain dan tidak bukanPenyebabnya adalah karena ulah sebagian besar manusia yang hidup.Kelestarian lingkungan akan terjaga jika semua manusia sadar dan tahu bagaimana
    Menerapkan akhlaq terhadap lingkungan hidup agar tercipta lingkungan yang sehat,damai,teratur,dan nyaman bagi seluruh penghuninya.namun tampa kita sadari kita berperan dalam perusakan alam.
          Lingkungan memiliki fungsi yang sangat penting bagi manusia dalamperuntukan oleh manusia di bumi agar mampu hidup sesuai dengan Kodratnya sebagai khalifah di muka bumi ini.
B.     Rumusan masalah
1.      Alam sebagai rahmat dan karunia Allah swt
2.      Memeliara kebersihan dan kelestarian lingkungan
3.      Memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan
4.      Bencana alam dan kearifan manusia





BAB II
PEMBAHASAN

A.    Alam Sabagai Rahmat dan Karunia Allah SWT
Alam semesta ini di ciptakan oleh Allah swt untuk di tundukan kepada mahluk hidup,terutama pada manusia.Dengan adanya alam ini, Manusia bisa memanfaatkan dengan sebaik-baiknya.Namun pada saat Yang sama,manusia tidak boleh tunduk dan merendahkan diri kepada segala sesuatu yang telah di rendahkan oleh Allah SWT untuknya,berapa pun harga benda-benda itu,manusai tidak boleh di perbudak oleh benda itu.Allah telah menundukkan Alam untuk manusia di sebutkan dalam Al-Qur’an surah Al-jatsiyah ayat 13

 Artinya:    Dan Allah menundukan untukmu apa yang ada di langit dan
Dan apa yang ada di bumi semuanya (sebagai rahmat) dari pada-Nya.Sesungguhnya pada demikian itu benar-benar terdapat Tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kaum yang berfikir”

               Dan juga di jelaskan dalam surah Ar Rum: 41

Artinya: “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia sehingga Allah mencicipkan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan dosa mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar” (Ar Rum: 41)

                 Setelah mengetahui dan memahami sikap yang benar dalam konteks hubungan masyarakat dan sesama manusia, kita sebagai umat Islam dan umat manusia hendaknya memiliki akhlak yang mulia terhada lingkungan dan alam sekitar kita.
                  Apa artinya keharmonisan antar manusia tercipta, sementara lingkungan alam tempat tinggal kita bersama ini rusak lantaran tidak kita perlakukan dengan baik Keharmonisan dunia akan lebih memberi kesejahteraan manakala didukung dengan keseimbangan, keteraturan dan kebermanfaatan linkungan alam untuk kehidupan.
                  Manusia sebagai makhluk yang sempurna, yang telah diberikan amanah untuk menjadi khalifah memiliki peran penting dala menciptakan dan menjaga keteraturan lingkungan dan sistem lingkungan ini. Untuk itulah manusia dituntut untuk dapat mengembangkan akhlaq (perilaku yang baik) terhadap lingkungan. Berbagai kerusakan lingkungan yang terjadinya dewasa ini sesungguhnya berakar dari perilaku yang salah dari manusia dalam menyikapi dan mengelola lingkungan dan sumber dayanya.Kerusakan alam dan lingkungan juga berdampak bagi lahirnya peradaban manusia yang rendah, dimana menempatkan alam dan   lingkungan sebagai subordinat dari manusia. Akhlaq lingkungan mengajarkan kepada manusia untuk memiliki perilaku yang baik dan membangun peradaban manusia yang lebih baik, yang menempatkan alam dan lingkungan sebagai mitra bersama dalam menjalankan tugas sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi.
            Akhlaq lingkungan juga berfungsi sebagai panduan bagi umat manusia dalam mengembangkan hubungannya dengan alam.Seseorang yang memiliki akhlaq lingkungan akan terdorong untuk menjadikan alam sebagai mitra dan sekaligus sarana dalam memenuhi fungsi dan kewajibannya sebagai seorang manusia,baik sebagai hamba kepada Tuhan maupun sebagai anggota masyarakat sebagai sesama manusia, serta kepada seluruh makhluk sebagai khalifatullah fil ardl. Seseorang yang memiliki akhlaq lingkungan tidak akan menjadikan alam dan lingkungan sebagai bagian subsistem kehidupannya sehingga dengan seenaknya dieksplorasi, tetapi dipandang sebagai makhluk yang memiliki kedudukan sama dihadapan Tuhan sehingga keberadaannya tetap dikelola dan dilestarikan.
B.     Memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan
Kebersihan lingkungan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk di dalamnya, debu, sampah, dan bau. Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi perdebatan dan masalah yang berkembang. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersiahan lingkungan yang tiap tahunnya meningkat.untuk itu menjaga kebersihan  Dan kelestarian lingkungan sangatlah penting.karna kenersihan itu sebagian dari iman.
Masalah tentang kebersihan lingkungan yang tidak kondusif dikarenakan:
Ø  masyarakat selalu tidak sadar akah hal kebersihan lingkungan
Ø  Tempat pembuangan kotoran tidak dipergunakan dan dirawat dengan baik
Ø   Akibatnya masalah diare, penyakit kulit, penyakit usus, penyakit pernafasan dan penyakit lain yang disebabkan air dan udara sering menyerang golongan keluarga ekonomi lemah.
Ø   Berbagai upaya pengembangan kesehatan anak secara umum pun menjadi terhambat.
   
  Untuk menjaga kelestarian lingkungan,ada beberapa hal yang dapat di Lakukan atau  langkah-langkah menjaga kelestarian lingkungan antara
Lain:
1.      Dimulai dari diri sendiri dengan cara memberi contoh kepada masyarakat bagaimana menjaga kebersihan lingkungan.
2.       Selalu Libatkan tokoh masyarakat yang berpengaruh untuk memberikan pengarahan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan
3.       Sertakan para pemuda untuk ikut aktif menjaga kebersihan lingkungan.
4.       Perbanyak tempat sampah di sekitar lingkungan anda
5.      Pekerjakan petugas kebersihan lingkungan dengan memberi imbalan yang sesuai tiap bulannya.
6.      Sosialisakan kepada masyarakat untuk terbiasa memilah sampah rumah tangga menjadi sampah organik dan non organik.
7.      Pelajari teknologi pembuatan kompos dari sampah organik agar dapat di manfaatkan lagi sebagai pupuk.
8.      Kreatif, membuat souvenir atau kerajinan tangan dengan memanfaatkan sampah
9.      Atur jadwal untuk kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan.

Menjaga kelestarian/kebersihan lingkungan bertujuan mencegah banjir. Parit yang banyak sampah atau saluran-saluran air yang tersumbat sampah dapat menyebabkan banjir. Oleh karena itu, kita harus membuang sampah pada tempatnya.
C.     Memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan
Sumber Daya Alam adalah  semua kekayaan bumi, baik biotik maupun abiotik yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan kesejahteraan manusia, misalnya: tumbuhan, hewan, udara, air, tanah, bahan tambang, angin, cahaya matahari, dan mikroba (jasad renik) pada dasarnya Alam mempunyai sifat yang beraneka ragam, namun serasi dan seimbang. Oleh karena itu, perlindungan dan pengawetan alam harus terus dilakukan untuk mempertahankan keserasian dan keseimbangan tersebut.
         Semua kekayaan yang ada di bumi ini, baik biotik maupun abiotik, yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia merupakan sumber daya alam. Tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroba merupakan sumber daya alam hayati, sedangkan faktor abiotik lainnya merupakan sumber daya alam nonhayati. Pemanfaatan sumber daya alam harus diikuti oleh pemeliharaan dan pelestarian karena sumber daya alam bersifat terbatas.
            Penyebaran sumber daya alam di bumi ini tidaklah merata letaknya. misalnya ada bagian bagian bumi yang sangat kaya akan mineral, ada pula yang tidak. Ada yang baik untuk pertanian ada pula yang tidak. Oleh karena itu, agar pemanfaatannya dapat berkesinambungan, maka tindakan eksploitasi sumber daya alam harus disertai dengan tindakan perlindungan.
       sebelum membahas lebih jauh lagi tentang sumber daya alam disini akan dibahas pula mengenai kebutuhan hidup manusia berdasarkan urutan kepentingan.
Berdasarkan urutan kepentingan, kebutuhan hidup manusia, dibagi menjadi dua yaitu.:
1.      Kebutuhan Dasar .Kebutuhan ini bersifat mutlak diperlukan untuk hidup sehat dan aman. Yang termasuk kebutuhan ini adalah sandang, pangan, papan, dan udara bersih
2.       Kebutuhan sekunder.Kebutuhan ini merupakan segala sesuatu yang diperlukan untuk lebih menikmati hidup, yaitu rekreasi, transportasi, pendidikan, dan hiburan.

Pemeliharaan dan pengembangan lingkungan hidup harus dilakukan dengan cara yang rasional antara lain sebagai berikut:
1.      Memanfaatkan sumber daya alam yang dapat diperbaharui dengan hatihati dan efisien, misalnya: air, tanah, dan udara
2.       Menggunakan bahan pengganti, misalnya hasil metalurgi (campuran).
3.       Mengembangkan metoda menambang dan memproses yang efisien.
4.      Melaksanakan etika lingkungan berdasarkan falsafah hidup secara damai dengan alam.
a)      Macam-macam sumber daya alam
1.      Menurut sifatnya, sumber daya alam dapat dibagi 3, yaitu sebagai berikut :
·         Sumber daya alam yang terbarukan (renewable), misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air, dan tanah. Disebut ter barukan karena dapat melakukan reproduksi dan memiliki daya regenerasi (pulih kembali)
·         .Sumber daya alam yang tidak terbarukan (nonrenewable), misalnya: minyak tanah, gas bumf, batu tiara, dan bahan tambang lainnya
·         Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya, udara, matahari, energi pasang surut, dan energi laut.
2.      Menurut potensi penggunaannya, sumber daya alam dibagi beberapa macam, antara lain sebagai berikut:
·         Sumber daya alam materi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisiknya. Misalnya, batu, besi, emas, kayu, serat kapas, rosela, dan sebagainya
·         Sumber daya alam energi; merupakan sumber daya alam yang dimanfaatkan energinya. Misalnya batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energi pasang surut laut, kincir angin, dan lain-lain
·         Sumber daya alam ruang; merupakan sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah (daratan) dan angkasa.
3.      Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua sebagai berikut :
·         Sumber daya alam nonhayati (abiotik); disebut juga sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda-benda mati. Misalnya : bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin
·         .Sumber daya alam hayati (biotik); merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, dan manusi.
b)     Manfaat Lingkungan Bagi Manusia
 Contoh manfaat lingkungan bagi manusia antara lain:
§  Udara untuk keperluan pernapasan karena tidak ada manusia yang dapat bertahan hidup tanpa adanya bantuan udara.
§  Air untuk minum,mandi,pengairan sawah,dan pembangkit tenaga listrik.
§  Tumbuhan dan Hewan untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani dan nabati.Selain itu tumbuhan dan hewan juga dapat di jadikan sebagai sumber tenaga dan kesenangan .Di daerah tertentu,sapi dan kerbau dijadikan sebagai penarik bajak disawah,serta kuda untuk menarik delman dan dijadikan sebagai sarana olaraga berkuda.
§  lahan untuk tempat mendirikan berbagai prasarana dalam mendukung kehidupan manusia,misalnya untuk membuat tempat tinggal, gedung-gedung pemerintah, olaraga dan pertokohan.
§  Sumber barang tambang dan sumber daya mineral, seperti emas, perak, tembaga, dan lainnya.
§  Penghasil bahan baku dan bahan mentah untuk industri      
Jadi,keselarasan antar mnusia dan alam akan menjamin terjaganya keseimbangan lingkungan.
A.    Bencana alam dan kearifan manusia

        Bencana alam kerap terjadi di seluruh indonesia, terutama di indonesia.Anehnya  setiap bencana yang ada selalu mencari siapa yang salah.Datangny bencana boleh jadi
Suratan takdir ilahi.Bencana juga merupakan ekspresi alam yang sedang marah.Akhlak kita sering kali tidak memperdulikan kelestarian lingkungan alam.yah semua berawal
Dari akhlag yang tiddak terkandali.sikap serakah,ceroboh,dan jorok merupakan cerminan
Akhlag yamg merusak lingkungan.untuk itu,di perlukan suatu kearifan akhlag terhadapo lingkungan.
Akhlag terhadap lingkungan di dasari oleh rasa keimanan dan ketakwaan dari masing-masing individu.ketika rasa keimanan dan ketakwaan masing-masing individu
Tidak di laksanakan dengan semestinya,maka wajar jika yang terjadi kerusakan lingkungan.lingkungtan menjadi tidak seimbang sehingga kehidupan manusia dan mahluk hidup yang lain juga terganggu.Akhlag setiap individu mesti dibina sejak dini.
Ketika akhlag ini tertanam dalam diri masing-masing individu maka lingkungan akan
Ladi perhatian khusus.kelastarian dan keseimbangan alam semesta ini akan terjaga dengan baik karena kesadaran manusia sebagai mahlik yang paling banyak nmemanfaatkan alam semesta ini.
Akhlag terhadap lingkungan terdiri dari dua kategori yaitu Akhlag pemelihara
Lingkungan dan akhlag perisak lingkungan.Meski kita mengetahui bahwa segala kerusakan si muka bumi ini karena manusia.tapi itulah kategori yang ada pada akhlag ini
Akhlag perusak lingkungan menjadi pokok bahasan yang peting karena akhlag inilah
Yang mempengaruhi lingkungan.
Akhlag penjaga lingkungan contoh pelaksanaannya yang paling kecil adalah membuang sampah pada tempatnya, jangan menangkap ikan dengan racun ataupun
Pukat harimau, jangan menebang hutang secara liar.Akhlag tersebut tampak mudah di lakukan tapi,sangat sulit untuk di lakukan oleh manusia.manusia mkerasa sangat sulit melakukannya karena manusia merasa menjadi penguasa alam semesta.Wajar jika ligkungan ini rusak karena manusia melupakan akhlag terhadap lingkungan meski,keimanan dan ketaqwan yang di milikinya,namun keimanan dan ketaqwaannya hanya sebatas pengakuan saja.Akibat dari kurangnya keimanan dan ketaqwaan dari manusia,mengakibatkan mereka lalai dengan konsekuansi dari rasa tersebut.
Contoh-contoh Akhlag perusak lingkungan
1.      Serakah dan sikap tak acuh
Keserakahan merupakan pemicu utama kehancuran lingkungan.Hutang di babat,pasir dikerut,minyak terus manarus di pompa keluar,batu mulia di tambang,itulah contoh dari sebagian yang termasuk dari keserakahan lingkungan.Manusia akan biasanya melakukan tersebut secara bertahap dan dan dampaknya akan di rasakan setelahnya.
Sikap tak achu juga termasuk akhlag perusak lingkungan yang sering kali kita sadari.Hal-hal kecil yang bisa merusak lingkungan seperti penggunaan kertas tissue dan penggunaan plastik sering kita abaikan padahal manusia tahu bahwa kibat buruk dari kebiasaan buruk yang sering dilakukannya.

2.      Ceroboh dan boroh
     Ceroboh artinya berbuat sembarangan.Buang sampah sembarang,berkendara sembarangan, membuang kotoran(najis) sembarang tampat adalah segelintir kecil kebiasaan manusia dalam kehidupan sehari-harinya,dan ini termasuk dalam akhlag perusak lingkungan.
            Selain sikap ceroboh ada pula sikap boros di mana yang di maksud di sini adalah boros dalam menggunakan hasil-hasil alam.Contohnya air,boros bahan bakar, dll.Boros akan mengakibatkan merusak ekonomi juga karena harus mengeluarkan banyak biaya,boros di larang oleh agama karena sagala sesuatu yang berlabihan tidak membawa pada kebaikan.

3.      Jorok
Jorok adalah salah satu akhlag perusak lingkungan,jelas bahwa sikap jorok tidak mamperdulikan kebersihan.Padahal pencipta alam semesta ini lebih senang pada segala yang bersih.selain itu,kebersihan adalah sebagin dari keimanan.Selanjutnya, orang yang beriman akan bertindak sebagai reaksi tarhadap lingkungan kotor rersebut.Reaksinya akan berbeda sesuai tingkat keimanannya.Jika keimanan seseorang tinggi,dia akan melalui aksi nyata,seperti memungut sampah,membuat karya yang nyata untuk menyalamatkan lingkungan, dan jika imannya sedang,dia akan bicara,separti mengingatakan orang untuk menjaga lingkungan,menulis  anjuran menjaga lingkungan,membuat larang menbuang sampah sembarangan tempat.













BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
       Akhlaq terhadap lingkungan mesti di bina sejak dini agar kelestarian alam tetap terjaga di mana lingkungan merupakan ciptaan Alla SWT yang di peruntuka manusia dari sang pencipta,Agar memanfaatkan sebaik-baiknya serta menjaga tuntutan manusia sebagai khalifaf di muka bumi ini.
Berbagai kerusakan lingkungan yang terjadinya dewasa ini sesungguhnya berakar dari perilaku yang salah dari manusia dalam menyikapi dan mengelola lingkungan dan sumber dayanya.Kerusakan alam dan lingkungan juga berdampak bagi lahirnya peradaban manusia yang rendah, dimana menempatkan alam dan   lingkungan sebagai subordinat dari manusia.
Akhlaq lingkungan mengajarkan kepada manusia untuk memiliki perilaku yang baik dan membangun peradaban manusia yang lebih baik, yang menempatkan alam dan lingkungan sebagai mitra bersama dalam menjalankan tugas sebagai hamba dan khalifah Allah di muka bumi.
B.     Saran
Mengigat makalah ini di buat dan hasilnya jauh dari kesempurnaan,untuk itu sebagai penulis/penyusun sangat mengharapkan kritika dan saran atas makalah ini dengan harapan kedepannya mampu menjdi lebih baik lagi.Karena kesempurnaan hanya milik ALLAH SWT semasta dan kekurangan adalah milik mahluk-Nya.Terima kasih.

Tidak ada komentar: