Terima Kasih Atas Kunjungannya

Jumat, 28 September 2012

ALLAH SWT Menyimpan Hikmah
Dibalik Semua Ujian


Sesungguhnya Allah SWT menyimpan hikmah dibalik semua ujian yang menimpa kita semua.
Kenapa kita diuji ?
Jawabnnya :  QS; Al Ankabut  ayat 2-3
[29.2] Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: Kami telah beriman, sedang mereka tidak diuji lagi?
[29.3] Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

Apakah kita bisa melawati semua ujian, yakinlah pasti bisa ?
Jawabannya : QS; Al Baqarah ayat 286
[2.286] Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebijakan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatannya) yang dikerjakan. (Mereka berdoa), “Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkau-lah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

Mengapa kita tidak dapatkan apa yang kita idam-idamkan ?
Jawabannya : QS; Al Baqarah ayat 216
[2.216] Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal iaamat buruk bagimu; Allah megetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

Muncul rasa pesimis ?
Obatnya : QS. Ali Imran ayat 139
[3.139] Jaganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.

Bagaimana cara kita menghadapi masalah ?
Caranya : QS; Al Imran ayat 200 dan Al Baqarah ayat 45
[3.200] Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.
[2.45] Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.

Apa yang kita akan dapatkan dari semua ujian itu ?
Jawabannya : QS; At Taubah ayat 111
[9.111] Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin, diri, dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur’an. Dan siapakah yang lebih menepati janji (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yag telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar.

Selamat Merenungi ^_^

Tidak ada komentar: